Konsultasi Gratis

Solahart

Pemanas air tenaga surya bekerja berdasarkan dua fenomena:
Warna hitam penyerap panas, dan air panas mengalir ke atas. Sistem ini sangat sederhana dan bagian yang bergerak hanyalah air itu sendiri. Surface Selektif Type dari suatu sistem yang dipasang tergantung pada penggunaan air dan kondisi udara luar. Permukaan yang dicat hitam dapat ditingkatkan dengan menggunakan ‘selektif’. Permukaan penyerap melalui dua tahap, dengan lapisan nikel dan lapisan akhir menggunakan krom hitam. Kinerja dari krom hitam sangat unggul karena mampu menyerap dan menahan energi matahari. Permukaan selektif digunakan untuk kondisi dingin, berawan untuk mengatasi radiasi matahari yang rendah.
Prinsip Thermosiphon Langsung
Pada absorber yang diisi air dingin, pada waktu matahari memanaskan kolektor, air panas mengalir keatas masuk kedalam tangki. Air dingin turun kebagian bawah kolektor.Matahari memanaskan udara tersebut di dalam kolektor, dan sirkulasi yang terus menerus.Prinsip ini disebut effek Thermosiphon. Makin besar beda suhu udara, makin cepat aliran udara panas ke tangki. Waktu tidak ada sinar matahari, maka effek Thermosiphon berhenti, dan udara disimpan dalam tangki, tetapi panas karena adanya isolasi tangki yang tebal dan masif.
Prinsip Thermosiphon Dengan Heat Exchanger
Pada daerah dengan temperatur mencapai titik beku. Sistem konvensional dengan Sirkuit Terbuka tidak cocok karena udara beku akan mengembang dan memecah pipa pada penyerap yang memerlukan biaya perbaikan yang tinggi dan tidak ditanggung sebagai garansi oleh pabrikan. Solahart mengembagkan dan mem-paten-kan sistem Heat Exchanger yang dikenal dengan nama ‘Jacketed Solar Water Heater’. Desain ini meng-eliminasi kemungkinan kerusakan tersebut. Jaket dipasang di sekeliling silinder penyimpan dan dilengkapi dengan absorber. Prinsip Thermosiphon yang sama berproses pada sistem ini. Panas yang dihasilkan kemudian ditransfer ke air yang disimpan dalam tangki.

Booster Pemanas Air Tenaga Surya
Jumlah udara yang dipanaskan oleh matahari berubah-ubah pada kondisi iklim suatu daerah. Bahkan pada waktu kondisi berawan dan hujan, tetap ada sejumlah energi matahari yang diserap oleh penyerap. Ada beberapa daerah di dunia dimana Pemanas Air Tenaga Surya memenuhi kebutuhan air panas tanpa memakai booster. Tetapi bagi kebanyakan orang, booster diperlukan untuk menutupi kekurangan radiasi matahari pada musim dingin atau hujan. Booster listrik adalah yang paling umum dipakai, walaupun booster yang paling efisien dan bersih adalah booster gas buatan Solahart. Apapun jenis penguat yang dipakai, termostat akan mengontrol secara otomatis penggunaan energi penguat. Pada booster gas, penyalaan api terapan otomatis. Dengan booster listrik atau gas, pemakai dapat membolehkan pemakaiannya pada saat biayanya lebih murah.

Pemanasan Kembali Air
Apabila semua air panas pada Solahart habis dipakai, maka diperlukan hanya sebentar untuk memanaskan kembali. Waktu tergantung pada sinar matahari dan jenis booster. Dari temperatus 20 C, booster listrik memerlukan kira-kira satu jam untuk mengasilkan udara panas untuk shower pada 45 C. penggunaan gas booster lebih cepat. Pemanasan kembali akan lebih cepat pada saat matahari mencapai puncaknya (jam 9.00 pagi sampai dengan jam 3.00 sore). Apabila udara panas dipakai pada pagi hari, maka matahari akan memanaskan kembali air dingin. Faktor ini menjamin keamanan dan menjamin lingkungan yang bersih.